MAKNA DARI SUATU CORAK BATIK

Nama                : Firli Dimas Adhiguno

NPM                  : 32412975

Kelas                 : 2ID02

Mata Kuliah      : Ilmu Sosial Dasar (softskill)

Dosen               : Mei Raharja

 

Makna Corak Batik  Parang Barong

Image

Parang Barong merupakan salah satu jenis batik keraton Yogyakarta. Parang Barong merupakan salah satu dari bermacam-macam motif parang. Parang berarti senjata dan Barong berarti besar. Parang Barong merupakan modifikasi dari motif Parang Rusak dengan ukuran ragam luas motif utama berukuran 12-15 cm. Motif parang merupakan motif geometris yang dalam penataan motifnya menerapkan ragam hias mlinjon yang berasal dari kata mlinjo. Tanaman mlinjo sangat merakyat karena seluruh bagiannya (daun, bunga, buah, kulit biji) dapat dimanfaatkan. Selain dari pada itu diantara ragam hias pokoknya pada ujung lengkungan parang terdapat ragam hias uceng yang merupakan ragam hias lung yaitu stiliran dari bunga mlinjo.

Para Barong biasa dikenakan oleh Sultan/Raja sebagai kain kebesaran yang bermakna kekuasaan serta kewibawaan seorang Raja. Untuk lingkungan kraton, motif ini tidak boleh dipakai oleh orang lain selain Raja dan keluarganya.

Motif batik parang rusak barong ini berasal dari kata batu karang dan barong (singa). Parang barong merupakan parang yang paling besar dan agung, dan karena kesakralan filosofinya, motif ini hanya boleh digunakan untuk raja, terutama dikenakan pada saat ritual keagamaan dan meditasi. Motif ini diciptakan Sultan Agung Hanyakrakusuma yang ingin mengekspresikan pengalaman jiwanya sebagai raja dengan segala tugas kewajibannya dan kesadaran sebagai seorang manusia yang kecil di hadapan Sang Maha Pencipta.

Kata barong berarti sesuatu yang besar dan ini tercermin pada besarnya ukuran motif tersebut pada kain. Motif parang rusak barong ini merupakan induk dari semua motif parang. Motif ini mempunyai makna agar seorang raja selalu hati-hati dan dapat mengendalikan diri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s